Blizzcon 2018 berakhir dengan akhir dari dominasi Korea di ranah Starcraft

Blizzcon 2018 berakhir dengan akhir dari dominasi Korea di ranah Starcraft

source: Blizzard Entertainment

BlizzCon 2018 baru saja berakhir di akhir minggu dengan berbagai event-event yang bersangkutan dengan lini produk dari Blizzard Entertainment sendiri yang semakin condong ke dunia kompetitif juga apapun gamenya.

Secara global merata mungkin Hearthstone yang bisa dibilang paling populer dimainkan dari berbagai region bahkan termasuk Indonesia, game ini sendiri bahkan menjadi salah satu cabang esport di Asian Games 2018 dan Cina menjadi juara dunianya di event ini.

Starcraft II yang juga menjadi bagian dari Asian Games 2018 tentunya sudah menjadi animo umum dimana pemain dari Korea Selatan seperti tidak terkalahkan sama sekali semenjak game seri pertamanya dan terus sampai saat ini. Tapi tahun ini pemain Finlandia yang membawa bendera ENCE eSports yaitu Joona "Serral" Sotala menjadi juaranya setelah mengalahkan Kim "stats" Dae-yeob dan menjadi pemain non Korea pertama yang menjadi juara dunia dari Starcraft.

Berpindah ke Overwatch, game satu ini yang lebih populer di dunia bagian barat, dan untuk belahan timur hanya Cina dan Korea Selatan yang terlihat komunitasnya secara signifikan. Tapi Korea sekali lagi memang melahirkan banyak pemain-pemain bintang yang berakhir banyak yang diekspor ke tim-tim di Amerika dimana tim-tim tersebut adalah organisasi yang sukses mendapatkan slot di Overwatch League yang tidak murah.

Pemain-pemain dari Amerika dan Kanada sendiri juga tidak kalah tangguhnya membuat tim-tim di OWL sangat tangguh tapi ketika dilingkup dalam negara, terbuktilah tim dari Korea Selatan menjadi yang terbaik dalam Overwatch World Cup 2018. 

Giliran game genre MOBA dari Blizzard yaitu Heroes of the Storm yang demografinya seperti Overwatch dan pada ajang 2018 Heroes of the Storm Global Championship di BlizzCon tim Korea yang sepertinya fans berat dengan produk dari Blizzard juga menjuarai game ini.

Terakhir dari game yang terkadang bisa dibilang esport tapi elemen MMO dari game ini tidak bisa diremehkan yaitu World of Warcraft yang sudah bertahun-tahun berdiri tapi masih saja tetap memiliki user base yang banyak dari penjuru dunia dimana gamenya sendiri memiliki berbagai elemen Player vs Player.

Arena World Chanpionship World of Warcraft juga menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan telah dijuarai oleh Method Orange dimana bahkan pada final upper bracket dua divisi dari Method harus saling bersaing satu sama lain. Guild satu ini pada gamenya sendiri memang terkenal dengan pemain-pemain hardcore-nya dimana dari segi PvE sendiri guild ini baru saja menjadi guild pertama yang menyelesaikan dungeon raid pertama dari expansion terbaru WoW. 

Blizzard Entertainment sekali lagi telah sukses menyelenggarakan event tahunannya dan sekarang event ini semakin lebih meriah karena banyaknya game-game esport yang mereka selenggarakan dan tampaknya ini masih baru awalnya saja mengingat dunia esport masih berkembang pesat. 

 



Comment:

Anda harus login untuk mengirim komentar